Selasa, November 24, 2009

Learning by doing kawan!


Dibagian ini saya tidak akan menuliskan sesuatu yang berhubungan dengan programming langsung..seperti tulisan OOP yang yang saya tulis. Bukan! ini tidak menerangkan sesuatu hal. Karena sejujurnya saya agak lemah sebenarnya diprogramming.
Dari sekian lama dan banyaknya pelajaran yang masuk diotak saya..berhari-hari belajar program, cisco, java, ASP.net, web design, dan lain sebagainya entah apalah namanya...semua bagai masuk telinga kanan keluar telinga kiri... Terasa berat dan sulit,. lama rasanya untuk memahami. Tapi ada sesuatu yang membuat saya mengerti akan sesuatu. Semua itu akan terlupakan jika tak dilakukan. Semua itu takkan berguna jika tak digunakan. Saya baru merasakan...begitu lamanya saya belajar, saya baru bisa mengerti dan agak lebih mudah memahami disaaat saya langsung terjun langsung kelapangan. Mengahadapi langsung permasalahn yang berhubungan dengan apa yang dulu saya pelajari. Walaupun terkadang setelah berada dipekerjaan langsung saya suka menyesali, kenapa dulu saya tak mempelajarinya betul-betul. Sekarang saya begitu gelagapan. Tapi, setelah kupikir-pikir, mungkin beginilah tipeku, saya merasa lebih cepat belajar jika praktek langsung, menghadapi langsung permasalahan dilapangan. Akan lebih mudah mengingatnya, akan lebih mudah mengetahui apa yang harus saya lakukan dan apa yang harus saya berikan dengan masalah yang dihadapi. Ternyata benar kata pepatah ' learning by doing". Dengan tahu saja takkan bisa, jika ingin bisa, langsung hadapi saja masalahnya. Belajar akan lebih cepat. Seperti seorang kuli bangunan yang hanya lulusan SD akan sama kemampuannya dengan seorang insinyur lulusan perguruan tinggi terkenal, dikarenakan pengalaman sang kuli yang lebih banyak. Dan menurutku, orang yang berpengalaman bisa akan lebih jago dibandingkan dengan orang pintar. Sebuah teori akan bisa dipatahkan dengan sebuah pengalaman langsung. Begitu....

so, buat kawan-kawan nih yang otaknya pas-pasan, mungkin juga termasuk saya (mungkin loh..hohoho..^^v) ga usah khawatir, ini bisa jadi angin segar buat kita....belajar aja terus, asal ada kemauan keras untuk berusaha, learning by doing kawan! ayo bergerak...paksakan untuk melihat,mendengar,meniru dan melakukan apa yang sudah ada..karena katanya lagi nih..meniru adalah belajar yang paling awal dan kemudian memodifikasi. yakin deh kita akan bisa lebih jago dengan mereka yang terlalu banyak teori.^_^. Pasti bisa kawan!
Ga salah kok kata " Pengalaman adalah guru yang terbaik". Karena memang itulah yang terbaik.^^
SEMANGAT!

241109 ; 11:40 @lt.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar