Sabtu, Juni 20, 2009

Belajar OOP ala saya …(^_^)




Wuiiiih...rada binyun waktu disuruh nulis tentang OOP, rada berat soalnya.. (-_-)
Tidak seperti biasanya...tapi coba sajalah…
Pasti binyun jugakan apa itu OOP??makanan apaan tuh...Otak-Otak Pindang???

Ehmmm..saya coba sedikit menerangkan dengan caraku. Kalo ada yang salah mohon maaf..karena saya juga masih belajar.. Saya hanya mencoba untuk sedikit berbagi dengan apa yang sudah saya dapat..jadi, mohon maaf banget kalo ada yang salah.
okay..mari kita mulai...

OOP singkatan dari Oriented Object Programming...
ehm, jadi gini...OOP itu menurut penangkapanku adalah sebuah teknik pemprograman..
dan kali ini saya menggunakan bahasa java, bukan bahasa jawa loh ya...(^_^)
Gini,saya mau nulis-nulis di OOP, mau ngobrol di OOP, mau buat nerangin sesuatu di OOP... itu pake bahasa java... Sebenernya sih pake bahasa yang lain juga bisa..tapi,salah satunya dengan bahasa java ( sementara saya baru tau pake bahasa ini).

Okay, biar enak kita langsung praktek sajalah.. Begini..misalnya saya mau bikin program sederhana penjumlahan a dan b.
Pertama, install dulu aplikasi netbeans-nya (bisa diunduh di http:netbeans.org), di aplikasi ini tempat kita kerja.
Terus, setelah masuk ke netbeans klik file dan pilih new project, pilih java application kemudian next. Di Project Name tulis nama proyeknya, misal tulislah namanya 'Matematika'. Jangan lupa dibagian bawah layar New Java Application ada tulisan Create Main Class dan Set as Main Project, pilih yang Set as Main Project, kemudian kilik finish. Nah , terus setelah itu kilik kanan Matematika, pilih New,Java Class. kemudian buat nama kelasnya, di Name Class semisal tulis nama kelasnya 'Hitung', nama Packages-nya 'Aljabar'. lalu klik Finish.selasai…dan siaplah kita beraksi di kelas ‘Hitung’ ini.
Biasanya kalau para dosen dan kawan-kawan serta rekan-rekan yang lain menerangkannya dengan system objek misal sepeda, mobil dan lain sebagainya, karena memang namanya saja pemprograman berorientasi object. Tapi disini, Saya mau coba cara lain dengan menggunakan system ruang kerja..(ga papa toh..). moga-moga aja nyambung…aamiin..( koreksilah saya jika salah)
Misal tadi saya mau buat pertambahan a dan b..disini kita akan membuat dua kelas atau gampangnya sebutlah dua lembar kerja..di lembar pertama saya akan membuat rumus perhitungannya..dan dilembar kedua adalah tempat untuk melakukan aksi perhitungannya. Istilahnya gini, ada dua ruangan, ruangan pertama adalah tempat saya menyimpan alat-alat, rumus-rumusnya,cara kerjanya atau istilahnya gudangnya ( kelas ‘Hitung’), ruangan kedua tempat saya bekerja (kelas ‘HitungBeraksi’). Nah, kalo saya mau bekerja ,saya akan mengambil alat-alat yang sudah disediakan di gudang(kelas ‘Hitung’). jadi, kelas pertama adalah gudangnya , kelas kedua adalah tempat kerjanya. Begitu..semoga bisa dipahami….
Terus, kalopun mau bikin kelas lagi buat perhitungan yang lain dan peralatannya ada dikelas pertama, kita bisa kok pake peralatan gudang kelas pertama tersebut, kalo memang ada hubungannya. Begitu...smoga tidak menyesatkan..
Okay, kita kembali ke netbeans….tadi setelah masuk ke class ‘Hitung’ ( yang tadi kita buat… ). Kita tuliskan rumus perhitungannya..istilahnya kita siapin peralatan apa aja yang akan kita sediakan di tempat ini buat mensupport kelas-kelas lain yang akan melakukan perhitungan.
Contoh :
public class Hitung {
int hasil;
void pertambahan(int a, int b){
hasil = a+b;
System.out.println("Hasil pertambahan "+ a + " dan " + b +" adalah "+hasil);
}
}
Ket:
· void pertambahan(int a, int b){ -----> ini maksudnya pertambahan nanti akan terdiri dari dua angka yaitu variable a dan b, kalo mau melakukan pertambahan lebih dari dua, ya..tambahin aja lagi variabelnya jadi a,b,c..dan seterusnya
· hasil = a+b; -----> ini adalah rumus pertambahannya
· System.out.println("Hasil pertambahan "+ a + " dan " + b +" adalah "+hasil);
-----> maksudnya ini adalah cara untuk menampilkan hasilnya nanti seperti apa.
Nah, Gudangnya dah jadi, kita sudah menaruh rumus2 dikelas ini..terus kita buat ruangan tempat kerjanya, kita bikin kelas baru, misal nama kelasnya Hitung Beraksi’. Sama seperti bikin kelas ‘hitung’, kilik kanan Matematika, pilih New, Java Class. kemudian buat nama kelasnya, di Name Class tulis nama kelasnya 'HitungBeraksi'. nama Packages-nya 'Aljabar' ( dalam satu gedung yang sama). Okay bos..terus buatlah apa yang mau kita kerjakan.
Contoh:
public class HitungBeraksi {
public static void main(String[] args){
// Membuat object (membuat nama kerja)
Hitung mtk = new Hitung();
/* memanggil atribut dan memberi nilai */
mtk.pertambahan(20, 10);
}
}
Ket:
· Hitung mtk = new Hitung(); ------> disini maksudnya kita punya kerjaan diruang ‘HitungBeraksi’ namanya mtk, dan mtk ini kerjaan baru (new) yang akan pake peralatan yang sama di kelas ‘hitung.
· mtk.pertambahan(20, 10); ------> Disini maksudnya pekerjaan mtk adalah pertambahan 20 dan 10. Kalo semisal mau melakukan pertambahan lebih dari dua, misal 20,10,50..dst, liat dulu di gudang kelas ‘hitung’ ada rumus yang menyediakan pertambahan itu ga..kalo ga, ya ga nyambung….
· Catatan: setelah melakukan satu kegiatan jangan lupa diakhir diberi tanda (;), artinya satu perintah selesai.
Terus,setelah itu dijalankan, caranya klik kanan kelas ‘HitungBeraksi’,pilih ‘Run File’. Tunggu..dan akan keluar hasilnya seperti ini =
run:
Hasil pertambahan 20 dan 10 adalah 30
BUILD SUCCESSFUL (total time: 3 seconds)
Okay bos…selesailah pekerjaan kita sampai disini. Begitulah saya memahami proses kerjanya OOP. Ini hanyalah sebuah contoh sangat sederhana membuat sebuah program menggunakan java. (^_^)
Selamat mencoba kawan! Mari kita belajar bersama …….(^_^)

4 komentar:

  1. Smangat nak..
    Mari belajar bersama.. :D

    BalasHapus
  2. waduhh satu aliran,,pasti anak IT juga ..dah ah takut salah komen...bikin virus dong sob..hehehe, becanda

    BalasHapus
  3. SATU KATA RUAARRRR BIASAAAAA....

    BalasHapus