Senin, Februari 01, 2010

Tidak perlu VPN....


Kawans, beberapa hari yang lalu saya berkesempatan mengikuti seminar microsoft mengenai windows server. Alhamdulillah dapat ilmu baru. Ada salah satu bahasan yang membuat saya menarik yaitu mengenai relasi antara windows server 2008 R2 dengan windows 7.
o,iya, saat ini windows server telah menuju ke windows server 2008 R2, hal ini mengingat kebutuhan infrastruktur yang semakin meningkat.  Nah ,pada Windows server 2008 R2 ini kapasitas yang digunakan lebih besar, karena platform yang tersedia adalah arsitektur 64 bit.
Ada beberapa fitur yang ditawarkan pada windows server 2008 R2, tapi ada dua fitur yang membuat saya tertarik yang juga merupakan dua fitur unggulan dari relasi antara windows server 2008 R2 dengan windows 7, yaitu Direct access dan Branch Cache.

Penggunaan direct access adalah seperti VPN, atau dapat dikatakan kita tidak perlu menggunakan jalur VPN lagi untuk meng-enkrip data-data yang kita anggap penting. Jadi data-data yang terkirim akan lebih aman.
VPN singkatan dari Virtual Private Network. Dikutip dari wikipedia
"VPN adalah jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antarremote-site secara aman"
Hmmm..jadi begini, Pada VPN salurannya lebih aman karena data-data yang melewati jaringan ini telah ter-enkripsi. Dia menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet. begitu...
Nah, Pada penggunaan windows server 2008 R2 dan windows 7, kita tidak perlu lagi menggunakan VPN karena tergantikan dengan fiturnya yaitu Direct acces
saya kutip dari microsoft

"DirectAccess diciptakan untuk menjadi alternatif solusi remote connectivity ke jaringan internal suatu perusahaan. Biasanya fungsional ini dilakukan menggunakan VPN yang mana setiap user harus mempunyai VPN Client dan melakukan koneksi VPN melalui internet. Dalam bandwith bagus, koneksi VPN akan lancar, namun saat koneksi internet buruk, bisa saja menjadi halangan untuk melakukan koneksi VPN. Dengan DirectAccess, kita cukup menggunakan Windows 7 sebagai sisi client dan sedikit konfigurasi pada Windows Server 2008 R2 (termasuk masalah security untuk mengamankan infrastruktur IT internal), user cukup melakukan koneksi biasa tanpa harus melakukan VPN connection."

Tapi sekali lagi perlu diingat, bahwa fitur DirectAccess ini hanya bisa didapatkan atau default hanya pada relasi antara windows server 2008 R2 dengan Windows 7, selain windows 7 tidak bisa.
Jadi, walaupun servernya kita menggunakan windows server 2008R2 tapi si client menggunakan windows xp, vista, dan yang lain sebagainya, fitur direct acces ini tidak akan didapatkan. begitupula sebaliknya. 

sedangkan Branch Cache , saya kutip dari kata-kata microsoft juga,
"Branch Cache memungkinkan lalu lintas data antara kantor pusat dan cabang tidak lagi dibebani oleh utilisasi bandwith WAN (Wide Area Network). Setiap ada data yang ditarik dari pusat menuju cabang, maka Server akan membuat cache data tersebut, sehingga jika ada user lain yang ingin mengambil data yang sama, maka data yang ditarik tidak lagi membebani bandwith karena ada cache yang tersimpan di server cabang."

Nah kawans, jika ingin data kita aman tanpa harus menggunakan VPN, kita bisa menggunakan dua relasi ini.
Begitu..
semoga bermanfaat..

8 komentar:

  1. wah sangat inspiratif, tapi sayang kebanyakan kita masih pakai windows xp.

    BalasHapus
  2. betul betul betul..
    saya malah lebih banyak posting pake hape, hehe..

    BalasHapus
  3. nah itu dia, saat-saat sekarang memang kita masih banyak yang menggunakan windows XP, ini dikarenakan juga karena banyak program-program ato aplikasi masih belum compatible jika menggunakan windows 7. tapi kalo tidak salah dengar dari gosip rekan2 saya, kelak windows xp akan ditarik dari peredaran (katanya) dan windows 7 telah compatible dgn segalanya. Hmmmm..jadi kemungkinan ini dipersiapkan untuk masa depan..yang diperkirakan kita telah banyak menggunakan windows 7 ...begitu..

    ^__^

    BalasHapus
  4. Aslmkm wr wb ukht. Jazakallah uda mau ninggalin jejak di blog ane ^^
    Humm.. windows 7, ana uda pake tuh,tapi versi downloadan,he..3x so far so good la.. proses data lebih cepat dari xp tapi tampilan kinclong mirip vista..top markotop -_-;;

    BalasHapus
  5. Ooo... Jadi gitu ya? Wah, jadi dapet ilmu baru juga neh. Tapi... Kenapa Windows 7 harganya mahal ya? Eh, kalo punya gratisannya, saya mau dunk.... :p

    BalasHapus
  6. to fajar : hehehe..sama-sama pasang blok ana di blok antum ya...v^^ heeeeeeeeee
    tapi kalo kantor antum servernya ga pake windows server 2008 R2,yaaaaaaaa..sama aja..ga dapat fitur Direct access...
    tp W7 mang keren kok...uenteeeeeeng....

    to mas tatang : okeh...
    hari gini gratisan......hohoho...teuteepp..

    BalasHapus
  7. link nya sudah aku pasanggg......!!pasang balik yahhh

    BalasHapus