Kamis, Juli 23, 2009

dosenku..oh dosenku..(ver.2)


Sekarang saya lagi pengen ngobrolin dosen-dosen saya. Dari kecil belajar sampai sekarang juga masih belajar..bahkan sampai nanti pun saya akan belajar. Dari sekian lama saya belajar yang berhadapan dengan seorang dosen, guru, pengajar, atau apalah namanya, pokoknya seseorang yang mengajarkan kita tentang suatu hal, tentang ilmu baru. Berbagai macam pula kutemui pengajar yang berbeda-beda, dari yang menyenangkan, mengesankan, lucu sampai yang menyebalkan. Dan akhir-akhir ini dikelas ,rekan-rekanku, entah di angkot, di kamar, atau dimanapun kami bertemu dan berkumpul, membicarakan dosen-dosen kami yang mengajar saat ini. Ada yang menyebalkan bahkan ada yang kami sebut dosen" autis". Gara-garanya ntuh dosen ga ada perhatian-perhatiannya ma kita. dia mengajar seolah-olah untuk dirinya sendiri..ngajar tapi madep ke monitor, tanpa peduli siswa-siswanya yang berteriak tak mengerti. Pokoknya mah " gw ngajar aja" . Busyet dah... dan akhir-akhir ini... makin banyak aja dosen yang demikian berkeliaran di kelas.. hehehe padahal sebenernya sih sepanjang pendidikan kayaknya baru dua dosen yang masuk nominasi. Tapi kayaknya udah terlihat banyak aja.

Ada juga nih,dosen yang kalo ngajar memang menyenangkan, selalu memberi motivasi..Pokoknya mah intinya "saya harus berhasil membuat kalian bisa!". Lah, mantap nih dosen yang kayak gini.
Saya kadang mikir..ngapain juga ntu-ntu dosen ngajar, berlama-lama., berbusa-busa mulutnya sampai muncrat-muncrat dan membuat hujan lokal, berhari-hari bercapek-capek ria, tapi tak ada satupun yang nyantol di muridnya.. Mubazir banget kan??
Mending alon-alon tapi kita semua mudeng.. Walo sedikit tapi kita mudeng, daripada ngejar target tapi sama sekali ga ada yang ketangkep..?
Ya... walau yang bagus sih sebenernya..banyak yang diajarkan, cepet dan mudeng semua. That is so perfect!. Tapi heeeiii...bung!tidak semua orang cepat dalam penangkapannya, termasuk saya salah satunya mungkin (mungkin....=p).
Apalagi jika diajarkan mengenai pelajaran baru.. dan kami belum ngerti tentang pelajaran tersebut, tapi dosennya ngajarnya kayak ngadepin orang yang sudah expert. Yang penting intinya mah " you know ajalah..". Saya paling males nih yang kayak gini..,makin bete rasanya. Mau teriak juga ga bisa. Mau ngikutin juga ga bisa. kalau ditinggal pergi juga dimarahin.., tapi kalau diterusin juga ngerasa kayak buang-buang waktu. Binyun saya....

Kenapa sih..ga ada tes gitu buat para calon-calon pengajar, kalo mereka memang mau mengajar, harus di tes dulu kek, ini orang bisa ngajar beneran ato ga? beneran mau nularin ilmu apa ga? orang ini ikhlas ga ya ilmunya dibagi-bagi? lah kalo dah ragu untuk memberikan ilmu yang dimiliki karena maybe takut kesaingan. Lah, ngapain ngajar atuh pak..bu..?.
Mengajar itukan artinya membagi ilmu, gimana caranya intinya biar kita bisa.. bukan cuma sekedar ceramah, ngoceh dan mendengarkan apa yang kalian bisa..sekedar mendengar " iniloh gue..gue jagonya pelajaran ini ..dengarkanlah kehebatanku hei murid-muridku..".
Heiiiiii.......Kita juga udah tau kalian pasti expert dan ngerti tentang pelajaran itu, makanya kita minta diajarin. Dan kalo emang ragu-ragu untuk membaginya, dan ga bisa menularkannya..ngapain jadi pengajar??? hanya karena sebuah mencari identitas bernama pekerjaan? Oh..Tuhan...
Kasihan kita-kita dong pak..bu...kita nih butuh ilmu
Kasihan duit yang dah terbuang..waktu yang kami beri untuk belajar..niat kami yang dah besar untuk bisa...dan akhirnya kami, maksudnya saya cuma bisa menangis. Kadang malah kami yang disalahkan..karena dikatakan lemot, ga pinter, ga ada niat. hiks...
cuma selalu kita saja yang sering dipaksa untuk aktif, belajar lebih, hiks..padahal kita juga butuh pengajar yang keren..keren ngajarnya..memberi motivasi. dan yang pastinya..rela ihklas ilmunya dibagi-bagi...

hiks..sedih karena tak bisa-bisa.
( saya bukan mengeluh loh pak...cuma sedih..)

dari 04.07.09 selesai 12:35; 22.07.09 ; @lab.L1

1 komentar:

  1. Menjadi guru atau pengajar dulunya dianggap pekerjaan remeh. Karna gak dapet kerjaan lain, ya udah lah jadi guru aja. Akhirnya menjadi guru adalah at the bottom of the job list. Jadi guru karna terpaksa. Tapi sekarang jaman udah berubah coy, jadi guru di jaman sekarang dituntut harus selalu up date dan komunikatif serta kritis. Anak sekarang dah gak minum tajin lagi. Tapi satu yang tidak pernah berubah, syarat utama menjadi guru seharusnya adalah orang yang bisa ngemong dan memberi motivasi. Bukan hanya disiplin ilmu yang dia kuasai, namun juga harus mengerti sedikit tentang ilmu psikologi agar bisa lebih menyelami pemikiran anak didiknya. (pengalaman putra seorang guru).

    BalasHapus