Senin, April 19, 2010

ICYS 17, INDONESIA JUARA DUNIA LAGI...! ^___^





Yiiihaaaaaaa...Alhamdulillah..segala puji bagi ALLAH...Subhanallah..Indonesia menang lagi!! Kita menang lagi!!! Yihaaa..indonesia jadi juara umum lagi! (lompat-lompat..jingkrak-jingkrak kesenangan..hehehe)

Kembali  kawan,  adek-adek kita meraih juara umum untuk kedua kalinya di ajang ICYS (International Conference of Young Scientistsyang diadakan di Bali tanggal  12-17 April 2010 kemaren (kita sebagai tuan rumah bung!bangga!^_^).  Saya terus terang kemaren ikut tak sabar, deg-degan menunggu hasil pertandingan kemaren, karena pada tahun 2009 lalu kita meraih peringkat satu dunia di lomba yang sama di Pszcyna, Polandia (ICYS ke- 16).  Horayyy..dan Kemaren ternyata di ICYS ke -17 kita juara lagi..horaay..horay…selamat adek-adekku..selamat!!Barakallah..Barakallah..Barakallah..^___^d

Jadi kawan, ICYS adalah lomba penelitian ilmiah remaja bergengsi tingkat dunia di bidang ilmu fisika, metematika, komputer, dan ekologi.  Kawan ingat KIR kan, Karya Ilmiah Remaja? Extra kurikuler jaman SMU dulu. Nah, ICYS ini adalah tingkat lanjutan dari lomba karya ilmiah remaja tersebut.  Karya-karya terbaik rekan kita di SMU akan diseleksi dan kemudian akan diikutkan dalam lomba karya ilmiah tingkat nasional  yaitu OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Nasional). Nah, dari pemenang OPSI inilah kemudian dikutkan dalam ICYS,  Lomba  karya ilmiah setingkat dunia, bersaing dengan berbagai Negara.  Begitu…

ICYS berlangsung  semenjak tahun 1994, diprakarsai oleh Eotvos Lorand University, Budapest Hungaria dan Belarussian State Univeristy Minks, Belarusia dan  kemudian dilaksanakan setiap tahun yang diikuti oleh Negara-negara Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia.

Nah, Indonesia sendiri pertama kali mengikuti ICYS pada tahun 2005 di Katowice, polandia dan disini kita hanya meraih satu medali perunggu di bidang fisika. Kemudian pada tahun 2006 di Stuttgart, jerman, Tim kita meraih  dua perunggu dan lagi-lagi dalam bidang penelitian fisika. Tahun 2007, di Saint-Petersburg, Rusia, Alhamdulillah kita mulai meningkat dengan meraih satu medali perak di bidang fisika (again!). Terus di Tahun 2008 di Chenivtsky, Ukraina, Tim Indonesia mulai makin meningkat lagi dengan meraih satu medali perak dan perunggu di bidang Ekologi, dua medali perunggu di bidang Fisika,  plus kita juga meraih special award sebagai Best Performance  di bidang bidang Fisika, Teaching in Physics di bidang Fisika, Most Creative Research di bidang Komputer dan Best Research di bidang Matematika. (mantap!).

Daaaaaaaaaann..pada tahun 2009 kemaren, ICYS ke 16 di Pszczyna, Polandia, TIM kita INDONESIA meraih juara umum kawan! BRAVO!kita meraih juara dunia!. Adek-adek kita berhasil dengan gemilang dan membanggakan atas nama anak bangsa telah menggondol 6 medali emas (2 di bidang Fisika, 1 di Bidang Computer Sciences dan 3 di bidang Ekologi), 1 perak (Bidang Ekologi), dan 3 perunggu (2 di bidang Ekologi dan 1 bidang Matematika).  Dan di ICYS ke-16 ini peringkat selanjutnya di raih oleh  Tim jerman dengan   meraih 3 medali emas, 4 medali perak, dan 2 perunggu.  Tim Belanda  dengan 3 Medali emas, 1 Perak, dan 2 perunggu. Disusul oleh Tim Amerika  Serikat  dengan cukup 3 medali emas . Dan Tim Rusia dan Tim Polandia dengan perolehan masing-masing 2 medali emas .

And then…di Tahun 2010 ini, setelah akhirnya dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara ICYS ke -17 yang terlaksana di Bali, Tim INDONESIA akhirnya meraih juara umum lagi untuk kedua kalinya!! HORRAAYYYY  Tim Indonesia berhasil meraih 7 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu serta 2 Special Award !.

Dan mereka adalah …

Peraih medali emas :
  • ·         Muhammad Kautsar (SMAN 6 Yogyakarta)/Dian Sartika Sari/Dhicha Putri Maharani/Hidayu Permata Hardi dengan judul  penelitian Sweitenia Oil: The Use of Mahagony Seed os Bio-Oil Alternative and The Use of Production Waste as Electris Mosquito Repellent”
  • ·         Oki Novendra (SMAN 1 Bogor) dengan judul penelitian  “Mathematical Explaination on the Death of Michael Jackson”
  • ·        Dwiky Rendra Graha Subekti (SMA Theresiana 1 Semarang) dengan judul penelitian Big Match: ‘ Suka Kelor’ Caramel vs Malnutrition”
  • ·        Sonny Lazuardi N (SMAN 5 Bandung) dengan judul penelitian “Portable Protection Everywhere”
  • ·        Miftah Yama Fauzan (SMAN 1 Sidoarjo) dengan judul “Development of Smart Electric Gun with Adaptive Bullet Speed”
  • ·        Florencia Vanya Vaniara (SMA Santa Laurencia Serpong, Banten) / Evelyn L.Wibowo dengan judul penelitian Effect of Stem Cell and Mangosteen Peel Extact on Abnormal Cells
  • ·        Andreas Widi Purnomo (SMA Santa Laurensia Serpong, Banten) / Aldo Vitus Wirawan dengan judul penelitian Green Energy Source: Centripetal Water Turbine”
Peraih Medali Perak :  Aria Dhanang Dewangga (SMAN 5 Bandung)

Peraih Medali Perunggu:
  • ·        Dita Nurtjahya (SMA Negeri 1 Sungailiat, Bangka Belitung),
  • ·        Fauqiah Tambunan (SMA Mutiara Bunda Bandung)/Bening Embun Pagi/Alan Suherman
  • ·        Rizal Panji Islami (SMAN 3 Bandung)/Fahmi Maulana Ainul Yakin/Ikhsan Britam
Best Performance :
  • ·        Dwiky Rendra Graha Subekti (SMA Theresiana 1 Semarang) untuk bidang Environmental Sciences
  • ·        Ilham Naharudiansyah (SMA Lab School Kebayoran, Jakarta)/Ardelia Djati Safira/Satria Putra Adhitama untuk bidang Basic Mathematics
Kemudian,  menyusul diperingkat kedua : Tim Jerman dengan 2 medali emas, 1 medali perak, dan 4 medali perunggu.  Peringkat ketiga: tim Rusia dengan 2 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu. Dan selanjutnya Tim Belanda, Belarusia, dan Polandia masing-masing meraih satu medali emas.

GUDLAK  adek-adekku..banggaku pada kalian.. Banggaku sebagai anak bangsa..dan semoga tahun depan dan tahun-tahun berikutnya kita juara lagi! Amin..SEMANGAT INDONESIA-KU! ^___^

Man jadda wa jadda !”Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil!

Semangat! love INDONESIA


28 komentar:

  1. slamat sob..

    slm knal..

    sob,tkeran link yuk?

    dtunggu konfirmasinya di blog aku..

    BalasHapus
  2. wah..
    ternyata anak2 indonesia bisa mengibarkan sang merahh putih di kancah internasional..
    salut salut..

    terus berjuang demi indonesia..

    BalasHapus
  3. @ irul : udah..dah siap.tenkyu ya...salam persahabtan..^___^

    @ abdul malyk : weh..baru tau ya hebatnya anak bangsa..hehehe..itu baru beberapa..masih byk anak-anak bangsa ini yang lebih membanggakan..
    dan itulah indonesia
    dan banggaku sebagai anak bangsa!

    BalasHapus
  4. thanks ay...

    udah terpasang jg di blogroll ku..

    bisa di cek..

    BalasHapus
  5. @ hendro : mmm..betul..! dan semoga kita bisa!
    pasti bisa!

    @ sang cerpenis : congrats tu Indonesia dan seluruh anak bangsa..^___^

    BalasHapus
  6. Selamat yah buat yang sudah mengharumkan nama bangsa Indonesia..,

    Wah semuanya hebat-hebat yah.., mudah-mudahan kalau udah besar nanti bisa membantu bangsa kita yang sedang terpuruk ini.., :D

    BalasHapus
  7. iya mba, kita memang gak kalah dengan negara lain..ini buktinya...^_^

    BalasHapus
  8. Luar biasa.

    itu dia, sumbangsih remaja indonesia, semoga bisa menutupi beberapa sisi dari citra buruk indonesia yang sudah hampir menutupi prestasi2nya di bidang lain yang sangat luar biasa.

    kapan giliran kita?

    :D

    BalasHapus
  9. hebatt.... indonesia bukan negara yang bisa di anggap remeh, ayo semangat selalu harumkan nama negri ini

    BalasHapus
  10. wahternyata Oki menangnya di lomba ini yak, sempet liat beritanya di tv one tapi yang ttg oki doang....
    moga bisa juara abadi deh indonesia...
    go..go...

    BalasHapus
  11. berita yang menyegarkan dan mencerahkan.. :-)

    BalasHapus
  12. waaa.. keren.
    mari kita tepok tangan. *plokkplokkplokk...

    BalasHapus
  13. Terus terang ketika membaca ini saya merinding dan hampir menangis (lebay mode on). Karena saya jadi teringat masa lalu, di SMP dan SMU, ketika masih aktif di KIR. Saya juga turut bangga karena adik2 kita berhasil di ajang yang bergengsi ini. Tapi yang menjadi pertanyaan selanjutnya, apkah kompensasi yang akan diberikan pemerintah kepada mereka? Jangan sampai "aset-aset" bangsa yg potensial ini diambil oleh negara lain seperti yang sudah-sudah....

    BalasHapus
  14. Majulah Indonesiaku pokoknya.
    Eh mbak, kenapa enggak follower ya? Saya jadi selalu tertinggal postingan disini..

    BalasHapus
  15. @ awaludin :amiiiiiiiiin..amin ya Rabb

    @ Aryadevi : betul...^___^ kita ini sebenarnya hebat!

    @ fauzan : hayuuuuuuuuuu bergerak...^__^d semangat!

    @ richoyul : Semangaaaaattt..!

    @ شين : iya, oki salah satunya...

    @ alifbatatsa : ^__^ tenkyu..

    @ akntong palstik : two tumbs up!

    @ nuansapena : bangga banget!

    @ kawuloalitox : iya,amin, berharap sangat! semoga mereka adalah pembangun2 bangsa kita kelak...karena mereka ada..kita juga...^___^

    @ ajeng :sudah mbak...sudah ana follow..

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. sippp mereka kira2 makanannya apa ya koq bisa pinter2 gitu...

    BalasHapus
  18. syukurlah indonesia masih punya kebanggaan,moga prestasi mereka lebih diperhatikan oleh pemerintah :) tq dah berbagi :)

    BalasHapus
  19. Waaah..... bangganya... saya sebagai orang indo...
    bener bener generasi pemuda yang berpendidikan..

    salam kenal dri blogger abnormal

    BalasHapus
  20. wow,ikut jingkrak2..sis.Selamat ya ...sukses pelajar Indonesia!

    BalasHapus
  21. @ rosi : sama aja kaleeeeeeeee bang ma kita-kita..hehehe

    @ aulawi : amin..amin ya Rabb

    @ Syam : salam...^___^

    @ aisha : semangaaaaattt..!^___^

    BalasHapus
  22. Semangat, yuks, kita juga bersumbangsih.....

    BalasHapus
  23. selamat ya kepada para juara ilmuwan muda Indonesia... semoga tetap berprestasi dan menjaga amanah berupa kepintaran untuk dipakai bagi kepentingan orang banyak... amin

    BalasHapus
  24. Mbak..link sudah terpasang ya. Moga silaturahimnya semakin baik.

    BalasHapus
  25. selamat ya semoga sukses selalu pengetehuanmu dlm study by from papua
    yafed

    BalasHapus