Jumat, April 16, 2010

kenangan dibalik hujan...


Kemaren jalan berdua ma kawanku pulang menuju ke kost, sore menjelang malam dengan hujan deraaas buanget, sepayung berdua (tenaaaaaaaang...temannya perempuan kok =p), payungnya kecil yang model lipat  pula, alhasil tetep aja basah. hehehe....plus berhak tinggi (teutep....=p), kurang derita apa coba (hiks..adakah yg mau rela membelikanku sepatu teplek?, ukurannya 36 kok..hehehe..dengan senang hati akan diterima..hohoho..*ngarep mode.on ^___^v). Nah pas di tengah jalan, kita ketemu sama anak-anak kecil yang sedang main hujan-hujanan. Mereka berlari-larian, saling bercanda, bebas, sesekali dari mereka ada yang bercucur dibawah cucuran air dari genteng, berasa dibawah air terjun kali ya...he..  Wuih, saya langsung jadi teringat dengan masa kecilku dulu, sama persis..ga jauh beda..masa-masa tanpa dosa, ga peduli kalo air genteng tuh sebenernya kotor, ga peduli kalo setelahnya bakal sakit, ga peduli nyampe rumah dimarahin basah kuyup dimarahin ortu. Pokoknya mah, happy aja. Melihatnya,saya dan kawanku cuma tersenyum kecil. kemudian saling bercerita dan mengenang tentang masa-masa kecil kami, pun yang tak jauh beda dengan mereka. Masa kecil yang dulu kami rasakan...dan rasanya kami seperti ingin kembali. Dan andaikan bisa, rasanya saat itu aku pun ingin ikut berlari dibawah hujan bersama anak-anak itu menikmati indahnya hujan. sayangnya, ku tetap berada dibawah payung bersama kawanku.

Sesampai dikamar, kenangan anak-anak kecil tadi belum juga hilang dari pikiranku. aku rindu. Tiba-tiba saja ingin membuka-buka album lama. Kubuka 'mytoshi'-ku dan kutemukan diriku kecil ada disana. hmmmmm....foto diriku bertahun-tahun yang lalu. ALLAH..wajah itu masih bersih, wajah itu begitu polos, wajah yang belum banyak dosa. Dan masih bertanya pada diriku sendiri. Itukah saya dulu?.  
Waktu kecil, saya ingat betul, temen sepermainanku hampir semuanya anak laki-laki. Mainanku juga ga jauh beda ma mereka, main kelereng didepan rumah sepulang sekolah (kalo saya inget-inget,pas maen kelereng kayaknya perempuannya cuma saya deh..^^).  Adu layangan dilapangan deket rumah sampe ikut kejar-kejaran waktu ada layangan yang putus.hehehehe.... Main perang-perangan pake gagang sapu plus kemoceng, kalo yg ini saya inget betul waktu saya sering jadi ranger pink (waktu itu jamannya film anak power ranger, satu jaman dengan film Kesatri Baja Hitam, Ultraman dan Saint Saiya, ada yang ingat? ^__^).  Kalo pas lagi bosan, suka berlomba manjat pohon jambu tetangga yang ada diperempatan setapak, dan saya manjatnya yang paling atas loh..hoho. Terus rame-rame nyolong jambunya kalo sang empunya rumah lagi ga ada (Astaghfirullah...ALLAH maafkan saya yang kecil dulu..hehehe..namanya juga anak kecil ALLAH...^__^v). 
Ga ketinggalan main bola dilapangan sambil hujan-hujanan...,terus..Lomba lari estafet keliling kompleks perumahan sama kawan-kawan..waah...pokoknya seru...^___^. Dan bukti sejarahnya, sampai sekarang ada bekas luka dilutut sebelah kiriku akibat jatuh dari pohon jambu (kayaknya ini tanda dosa saya pernah nyolong jambu tetangga deh..hehe..), dan satu bekas luka lagi di lutut kanan saya bekas jatoh gara-gara maen kejar-kejaran keliling kompleks.(ampyun deh..). Terus satu lagi, kita juga suka main permainan jual-jualan, pake duitnya dari bungkus permen 'sugus' (sekarang masih ada ga ya...??), tiap warna dari permen 'sugus' kita kasih nilai sendiri-sendiri. 
Kemudian waktu saya pindah sekolah dan punya kawan baru, ditempat yang berbeda, Saya dan kawan-kawan baru saya suka main 'gobak sodor', petak umpet, mancing ikan-ikan kecil di sungai depan rumah dan yang paling sering adalah naek sepeda keliling desa dan hutan dibelakang rumah disore hari atau maen kesawah lihat anak-anak desa nangkep ular. (ngeri ya...), kalo yang ini saya ga ikut-ikutan deh..hehe..ga tega.(ga tega ma ularnya,kasihan...). Iya, ditempat tinggalku yang baru waktu itu masih banyak ularnya, terutama disungai-sungai deket sawah. Nah anak-anak sana suka nangkepin buat mainan (aduh...ga deh)

Itulah jaman kecilku dulu..seru ya..tapi kalau lihat anak-anak sekarang suka miris, kasihan. Banyak dari mereka tak lagi merasakan permainan lapangan. Banyakan bermain dalam rumah, apalagi kalo dah ketemu yang namanya PS, terus internetan..taukan..anak jaman sekarang. Duh..

hmmmm..aku rindu..rindu masa itu..

15 komentar:

  1. hadu,saya jadi mengenang masa kecil juga nih. .hiks. .

    BalasHapus
  2. jaman sekarang ? masih ada kok mba, maksudnya anak-anak masih ada yang melakukan kegiatan / permainan yang pernah kita lakukan waktu kecil. Disudut kampung.

    BalasHapus
  3. wah, permaenan maa kecil banyak ya bang,,, jd inget juga nih...hehe...

    BalasHapus
  4. wahhhh Mia jadi ikut2an nostalgila juga neh hahahaha... jadi kangen ya, masa2 kecil dulu. tapi sayangnya, masa kecil Mia sedikit aja bisa bermain sepuasnya kyk temen2 lain. krn sering amsuk rumah sakit, jadinya kenangannya banyakan di tmp tidur rumah sakit daripada diluar hiks hiks hiks

    BalasHapus
  5. hehe..emang nih jaman dulu ma skg beda yah..
    kita mah masih polos2, masih maen tradisional,, skg udah canggih, gadget mulu bawaannya...(^.^)

    BalasHapus
  6. wah, waktu kecil ternyata mbak tomboy yah :)

    BalasHapus
  7. keren.. tapi masa kecilku tak seindah itu kak... kalo aq sangat d over protective kan ma otru ku dr kecil, jd ya begini deh.

    BalasHapus
  8. Foto masa kecilnya bagus... cantik banget..
    Kenangan masa kecil tak akan terlupa sampai kapan pun... ^_^

    BalasHapus
  9. kayaknya semua orang punya kenangan yg begini2 ini deh (romantisme hujan), bener ga sih??

    BalasHapus
  10. gedenya sperti apa ya wajah adek bayi tadi ???? hehehe, btw aku juga suka permen sugus n masa kecil memang penuh kenangan yg takkan terlupakan, tq dah berbagi :)

    BalasHapus
  11. Bener bgt. Anak sekarang mainannya cuma butuh duduk aja, kalau dulu sambil olah raga. Jadi kangen... Tapi besok kalau sdh punya anak, mau melestarikan lagi permainan2 tradisional untuk mereka

    BalasHapus
  12. @ sou :^__^, cobalah buka2 album lama..pasti terkenang...

    @ aryadevi : iya, tapi makin kesini, makin hilang rasa itu...

    @ si roel : ingatlah..karena ia tak terlupakan..

    @ kucing tengil : Semangat ya...^___^, pasti ada yg indah di masa itu..carilah..^__^

    @ Ducky : betul..makin banyak gudget...

    @ U-marr : hehehe..seperti sih begitu mar...^__^

    @ fyrdhazakaria :ga papa, pasti ada manfaat lain dr kata ortu..semangat!^__^

    @ mbak reni : makasih mbak..hehehehe..*jadi malu

    @ mbah jiwo : mmm..betul mbah..

    @ aulawi : permen sugus..sekarang masih ada ga ya..??

    @ disatia : setuju mbak..besok kita budayakan lagi permainan tradisional...dan permainan lapangan..lebih seru..dan sepertinya lebih bagus bwt pertumbuhan anak..lebih ekspresif dan kreatif..

    BalasHapus
  13. masih ada kok, bentuknyapun masih sama hehehe, nih tak kasih satu bungkus :)

    BalasHapus
  14. gak nyangka adikku ini bandel juga ya...??? tapi gak papa itu adalah salah satu keindahan masa kecil yang tak mungkin diulang kembali. Anak sekarang main PS??? Hmmm... wong saya juga suka je..... he..he.... piss... V--('_')

    BalasHapus
  15. @ aulawi : jiaaaaaaaaaahhh..baru tau kalo blog ini..ternyata bisa nulis selain puisi juga...hehehe..baru tau..

    @ kawuloalitox : hehehe..baru tau ya mas..kalo adekmu yg satu ini diam2 tapi...
    mau coba lomba balapan lari..??hihi..

    BalasHapus